BLOG

imageSerpong Garden Village, Harmonisasi Hunian Modern dengan Alam Sekitar

Serpong Garden Village, Harmonisasi Hunian Modern dengan Alam Sekitar

Serpong-garden-village.id, TangerangPopularitas hunian yang berada di pinggiran Ibu Kota Jakarta terus mengalami peningkatan. Hal ini karena kualitas hunian di pinggiran Ibu Kota Jakarta semakin baik.

Hal ini terbukti dengan terus meningkatnya harga hunian di Jabodetabek setiap tahun. Secara tahunan pertumbuhan harga rumah di wilayah Jabodetabek sejak Juni 2017 sampai Juni 2021 adalah yang terbesar yaitu 8,25% dibandingkan wilayah lain.

Kenaikan harga rumah ini menunjukan tingginya minat masyarakat terhadap produk properti yang berlokasi di Jabodetabek. Tingginya minat masyarakat terhadap perumahan di kawasan Jabodetabek tidak terlepas dengan semakin banyaknya pilihan hunian yang ditawarkan kepada masyarakat.

Salah satunya adalah hunian di Serpong Garden Village. Serpong Garden Village merupakan kawasan hunian yang mengusung harmoniasi hunian modern dengan alam di Serpong. Serpong Garden Village juga menawarkan lingkungan untuk tempat tinggal, investasi, rekreasi, sekaligus yang didukung ruang terbuka hijau. Dengan lokasinya yang strategis, Serpong Garden Village menawarkan akses langsung tol dengan beragam fasilitas lengkap.

Dari sekian banyak perumahan yang ditawarkan pengembang properti di Jabodetabek, mengapa Anda harus memilih Serpong Garden Village? Simak alasan selengkapnya di sini.

Konsep Satu Rumah Satu Pohon

Berbeda dengan perumahan lainnya, Serpong Garden Village menawarkan konsep satu rumah satu pohon. Konsep ini dikembangkan dengan menanam satu pohon buah di setiap unit rumah yang ada di Serpong Garden Village. Pengembangan ini akan memberikan manfaat pada lingkungan sehingga lingkungan perumahan akan terasa lebih asri dan hijau.

Konsep taman buah ini merupakan konsep unik dan pertama yang dikembangkan oleh perumahan modern. Selain memberikan manfaat keindahan lingkungan, pohon buah juga memberikan manfaat pada tingkat konsumsi buah-buahan.

Pemilik rumah dapat memenen buah yang ditanam di depan rumahnya untuk meningkatkan konsumsi buah-buahan. Berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) September 2020, rata-rata konsumsi per kapita per hari untuk buah-buahan hanya sebesar 41,95 Kkal atau sekitar 67 gram per kapita per hari. Padahal angka tersebut jauh lebih rendah dari standar gizi seharunya yang berkisar antara 100 hingga 150 gram per hari.

Pengembangan Ruang Terbuka Hijau

Selain menawarkan konsep satu rumah satu pohon dengan taman buahnya, Serpong Garden Village mendedikasikan 30 persen kawasannya menjadi ruang terbuka hijau. Keberadaan ruang terbuka hijau ini banyak memberikan manfaat bagi penghuni Serpong Garden Village. Ruang Terbuka Hijau bermanfaat sebagai ruang tumbuh berbagai jenis tanaman hijau, pepohonan dan bunga-bungaan.

Berbagai pepohonan dan tanaman ini akan memberikan manfaat bagi lingkungan dan kesehatan manusia di sekitarnya. Pepohonan dan tanaman yang tumbuh di Ruang Terbuka Hijau turut membantu membersihkan udara dan air sehingga bermanfaat bagi Kesehatan.

Keberadaan pohon mampu menyerap partikel yang mencemari udara. Tidak hanya itu, pohon juga menghasilkan oksigen yang sangat berguna bagi mahluk hidup lainnya. Itulah mengapa ada kawasan yang dipenuhi peohononan menjadi paru-paru perkotaan.

Sebagai paru-paru kota atau wilayah, tumbuhan dan tanaman hijau dapat menyerap kadar karbondioksida (CO2), menambah oksigen, menurunkan suhu dengan keteduhan dan kesejukan tanaman, menjadi area resapan air, serta meredam kebisingan.

Perumahan Ramah Lingkungan

Serpong Garden Village mengusung konsep harmonisasi dengan alam sehingga lingkungan di Serpong Garden Village dibangun sedemikian rupa untuk menciptakan lingkungan asri di tengah Kota Serpong. Rumah dengan lingkungan yang asri menjadi kebutuhan tersendiri bagi masyarakat yang tinggal di Ibu Kota Jakarta.

Salah satu realisasi pengembangan kawasan hunian Serpong Garden Village yang mengedepankan harmonisasi area hunian dengan alam adalah pembangunan Water Sensitive Urban Design (WSUD). Kehadiran WSUD di Serpong Garden Village dapat menjadi solusi kawasan yang kerap dilanda banjir.

Water-sensitive urban design ( WSUD ) adalah perencanaan lahan dan pendekatan desain rekayasa yang mengintegrasikan siklus air perkotaan, termasuk stormwater , air tanah dan pengelolaan air limbah dan pasokan air , ke dalam desain perkotaan untuk meminimalkan degradasi lingkungan dan meningkatkan daya tarik estetika dan rekreasi.

WSUD akan memberikan manfaat lingkungan yang besar bagi Serpong Garden Village. Salah satunya adalah mewujudkan lingkungan yang bebas banjir, bebas limbah, sekaligus lingkungan hijau yang asri. Sehingga Serpong Garden Village menjadi kawasan rumah dengan kawasan yang asri dan bersih. (ADR)

imgWAchatYuk wa