BLOG

imageSerpong Garden Village: Rumah Anti Stress dengan Konsep Taman Buah

Serpong Garden Village: Rumah Anti Stress dengan Konsep Taman Buah

Serpong-garden-village.id, TangerangSalah satu kebutuhan masyarakat yang bekerja di perkotaan besar adalah rumah yang dapat menyegarkan jiwa dan pikiran. Setelah kesibukan pekerjaan di tengah-tengah hingar bingar perkotaan besar, tubuh dan pikiran perlu diistirahatkan di tempat yang menenangkan dan menyejukan.

Hal tersebut juga menjadi kebutuhan psikologis tersendiri agar masyarakat pekerja di kota besar tidak terbebani oleh tingkat stress yang tinggi. Mengurangi tingkat stress sangat penting bagi kesehatan seorang individu. Peneliti Stress, Hans Selye (1976 ) menciptakan istilah sindrom adaptasi menyeluruh atau General Adaptation  Syndrome (GAS) untuk  menjelaskan pola respon biologis secara umum terhadap stress yang berlebihan atau berkepanjangan. Tubuh kita merespon berbagai stressor yang tidak menyenangkan dengan cara yang hampir sama, bagaikan sistem alarm yang tidak akan mati sampai energinya habis.

Stress yang berkepanjangan akan mengakibatkan kinerja jantung dan tingkat pernapasan mengalami penurunan. Kondisi ini bisa membentuk Selye sebagai penyakit adaptasi (disease of adaptation), mulai dari penyakit alergi sampai penyakit jantung, hingga kematian. Oleh karena itu, rumah yang dapat mengembalikan kesegaran jiwa dan pikiran menjadi sangat penting.

Oleh karena itu, Serpong Garden Village menawarkan konsep Taman Buah, dimana setiap unit rumah di tanami Pohon Buah, Sudah dibangun masjid juga di dalam Perumahan. Dengan Double Gate Cluster menjadikan kawasan Serpong Garden Village Eksklusif, Asri dan Nyaman.

Apa saja keunggulan Serpong Garden Village yang mampu menghindarkan sekaligus menghilangkan beban stress berlebihan? Simak selengkapnya di sini.

Konsep Taman Buah

Menurut sebuah penelitian, menghabiskan waktu selama 15 menit di taman terbuka hijau dapat meredakan tingkat stress hingga 50 persen. Selain itu, kegiatan berkebun juga dikenal mampu menurunkan tingkat stress. Meskipun begitu, taman dan berkebun menjadi salah satu tempat dan aktivitas yang dinilai ketinggalan zaman dan membosankan. Padahal, manfaat dari tempat dan kegiatan tersebut sama sekali tidak boleh dianggap sepele. Saat berkebun, Anda akan melakukan kontak langsung dengan tanaman, hewan, tanah, dan lingkungan alam. Hal itulah yang disebut berhubungan dengan kondisi fisik dan mental seseorang.

Oleh karena itu, Serpong Garden Village menawarkan hunian dengan konsep Taman Buah, dimana setiap unit di tanami Pohon Buah untuk keindahan. Dengan keberadaan taman dan pohon buah di depan rumah, penghuni dapat menghabiskan waktu luang dengan menikmati keindahan taman sekaligus merawat pohon buah. Selain itu, pohon yang dirawat pada akhirnya akan menghasilkan buah-buahan segar yang nantinya dapat dinikmati bersama keluarga sebagai santapan yang menyehatkan.

Lokasi Strategis dan Akses yang Mudah

Lokasi sebuah rumah mempengaruhi tingkat kenyamanan penghuni. Serpong Garden Village berlokasi di tempat yang strategis yaitu Parung Panjang. Kawasan yang dikenal sebagai kawasan sunrise property ini akan menjadi salah satu kawasan dengan berbagai fasilitas dan infrastruktur yang maju. Saat ini saja, akses Parung Panjang tengah dibangun untuk menghadirkan akses yang mudah bagi warga yang tinggal di kawasan tersebut.

Akses juga menjadi kata kunci dalam menghindari stress akibat kemacetan. Salah satu sumber stress utama masyarakat yang bekerja di perkotaan adalah tingkat kemacetan yang tinggi. Rata-rata masyarakat Jakarta menghabiskan waktu di tengah kemacetan dapat mencapai 2 hingga 3 jam dalam satu hari. Tentu saja waktu yang cukup signifikan tersebut dapat menguras energi, pikiran, dan jiwa. Sehingga akses yang baik menjadi salah satu faktor kunci dalam menghindari stress di jalanan.

Serpong Garden Village menwarkan akses mudah ke pintu Tol, dan berdekatan dengan stasiun Parung Panjang. Dengan pilihan moda transportasi tersebut, Penghuni di Serpong Garden Village memiliki pilihan dalam bermobilitas. Dengan jarak yang tidak jauh dari Stasiun Parung Panjang penghuni dapat menggunakan fasilitas transportasi publik KRL Commuter Line yang memiliki rute lengkap ke seluruh kawasan Jabodetabek. Selain itu, jarak ke pintu Tol Jakarta-Serpong meminimalisir kemacetan di jalanan umum menuju pintu tol.

Lingkungan yang Asri

Serpong Garden Village juga dikembangkan dengan sistem double gate cluster dimana setiap gerbang masuk memiliki pos pengamanan yang dijaga oleh petugas keamanan professional. Dengan demikian lingkungan di kawasan Serpong Garden Village menjadi lingkungan yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Selain itu, keberadaan pepohonan yang tertata rapi di setiap unit rumah menjadikan kawasan perumahan lebih asri dan menyegarkan. Pepohonan dan tanaman hijau dapat menyerap kadar karbondioksida (CO2), menambah oksigen, menurunkan suhu dengan keteduhan dan kesejukan tanaman, menjadi area resapan air, serta meredam kebisingan.

Pohon juga berfotosintesis untuk mengubah karbondioksida menjadi oksigen yang kita gunakan untuk bernapas. Dalam setahun, kehadiran pohon bisa menyelamatkan 850 nyawa dan mencegah 670.000 penyakit pernapasan akut. Pohon juga mempunyai fungsi untuk mengusir polusi dari udara sehingga lebih sehat ketika kita hirup dan masuk kedalam paru-paru. Hal ini akan membuat suasana di perumahan menjadi lebih asri dan segar sehingga kehidupan penghuni perumahan menjadi lebih berkualitas. (ADR)

imgWAchatYuk wa